30/03/12

Odol, Penahan Perih Gas Air Mata

|
Ketika marak demo kenaikan BBM sekarang ini, saya melihat ada sesuatu yang  janggal saat melihat berita di televisi. Terlihat orang-orang yang ada di kerumanan massa itu di bagian wajahnya ada coreng moreng warna putih. Awalnya saya mengira coreng warna putih di bawah mata itu hanya sebagai penanda bahwa mereka itu  adalah wartawan, hanya karena saya melihat seorang reporter dengan coreng putih di bawah mata itu melakukan liputan langsung kejadian demo itu.
ehh.. saya baru tau ternyata coreng warna putih di bawah mata para demonstran, polisi dan wartawan itu adalah odol (pasta gigi). Odol merupakan  salah satu solusi yang digunakan oleh mereka untuk mengurangi rasa perih akibat efek gas air mata.
odol

EFEK GAS AIR MATA, DAN BAGAIMANA CARA MENANGGULANGINYA.

Gas air mata tentunya tidak hanya bisa menyebabkan seseorang terkena iritasi pada mata dan system pernapasan tapi juga bisa mengakibatkan seseorang menjadi pingsan, sebagai akibat dari terganggunya system pernapasan.
Walaupun gas air mata dianggap tidak berbahaya, namun, efek yang ditimbulkan masih terus berbekas untuk waktu yang cukup lama, terutama pada saluran pernapasan, pencernaan, dan sistem peredaran darah. Selain itu, efek susulan yang akan timbul berupa rasa mual, mulas, dan diare. Dalam jangka waktu panjang saluran pencernaan menjadi amat rentan dan lebih sensitif
Seringkali saat akan terkena gas air mata,  kita2 diminta untuk mengusapkan  odol di sekitar area mata, maksud sebenarnya dari pemberian odol sebelum terkena gas air mata adalah agar mata jadi terbiasa dulu dan tidak kaget lagi seandainya di tengah demo jadi chaos & betebaran gas2 airmata.
kalau kena gas airmata  mata jadi perih, jika sebelumnya sudah diberikan odol saat terkena gas airmata mata tidak terlalu perih.
Bagaimana cara Pertolongan Pertama saat terkena Gas Air Mata.
Sebenarnya Cara paling jitu adalah menghindarinya. Jika Anda tahu akan terkena serangan gas air mata, sebaiknya Anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar akibat dahsyatnya paling tidak bisa dikurangi.
Seperti halnya kaum buruh di Paris, Anda sebaiknya senantiasa membawa bekal air dan handuk untuk menangkal serangan gas air mata. Dengan membasahi handuk dengan air bersih, lalu menempelkannya di mata yang terkena gas air mata (yang perlu diingat, Jangan pernah Handuk tersebut di gosokkan ke daerah mata, tetapi di tempelkan saja di daerah mata, dan lebih baik membawa beberapa handuk atau kain agar dapat segera diredakan efek dari gas air mata).
Anda juga dianjurkan mengenakan pakaian yang tertutup untuk mengurangi kemungkinan kulit bersentuhan secara langsung dengan butiran kristal gas air mata. Bila perlu Anda bisa memakai sarung tangan dan cadar, agar lebih aman lagi. Atau, Anda dapat pula mengenakan peralatan perlindungan ‘Teargas Mask’ yang didesain dengan penyaring udara sehingga Anda bisa bernapas lebih leluasa meski ada ‘serangan’ gas air mata
SEMOGA BERMANFAAT.
Sumber :
foto dari okezone, http://www.facebook.com/note.php?note_id=132905066813736
Odol, Penahan Perih Gas Air MataSocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar