02/05/12

Kontrol Tekanan Darah Tanpa Obat

|

Anda tidak harus selalu mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah. Jika Anda memiliki tekanan darah 140/90 Anda mungkin terburu-buru mengonsumsi obat-obatan agar tekanan darah terkontrol.
Namun, tahukah Anda bahwa gaya hidup berperan besar dalam tekanan darah? Jika Anda berhasil merubah gaya hidup Anda, mungkin obat-obatan tidak diperlukan lagi. Perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menurunkan tekanan darah Anda.
  • Kurangi Berat Badan dan Lingkar Pinggang
    Tekanan darah meningkat jika berat badan Anda meningkat. Mengurangi berat badan sebanyak kurang lebih 5kg sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Lebih banyak berat badan turun maka semakin rendah tekanan darah yang dapat Anda capai. Lingkar pinggang juga harus dicek pasalnya lingkar pinggang juga menentukan tekanan darah Anda. Pria Asia dengan lingkar pinggang lebih dari 90 cm berpotensi memiliki darah tinggi sedangkan wanita Asia beresiko darah tinggi jika lingkar pinggangnya melebihi 80 cm.
  • Olahraga Teratur
    Setidaknya 30-60 menit per sekali olahraga yang dilakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu akan membantu menurunkan tekanan darah mulai 4-9 mm/Hg. Tidak perlu waktu lama untuk melihat efek dari olahraga rutin yang Anda jalani. Jika tekanan darah Anda termasuk prehipertensi yakni sistolik berkisar 120-139 dan diastolik berkisar 80-89 maka olahraga akan mencegah berkembangnya prehipertensi menjadi hipertensi. Banyak orang yang berlebihan dalam melakukan olahraga lama dan berat pada akhir pekan untuk mengkompensasi waktu olahraga selama 1 minggu. Ini adalah tindakan yang tidak bijaksana.
  • Diet Sehat
    Makanlah makanan diet yang mengandung biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan susu rendah lemak seperti yang direkomendasikan diet DASH. Mengikuti diet sehat ini dapat menurunkan tekanan darah hingga 14 mm/Hg.
  • Kurangi Garam Saat Diet
    Bahkan pengurangan sedikit garam dapat menurunkan 2-8 mm/Hg tekanan darah Anda. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2300 mg (sama dengan 1 sendok teh) atau kurang garam dalam sehari. Bagi Anda yang berusia di atas 51 tahun, disarankan menggunakan hanya 1500 mg atau kurang garam. Makanan tambahan seperti saos tomat dan lain-lain mengandung garam. Untuk itu selalu cek kandungan nutrisi di setiap label makanan.
  • Batasi Konsumsi Alkohol
    Alkohol dalam jumlah yang sedikit dapat mengontrol tekanan darah namun jika terlalu banyak sebaliknya dapat meningkatkan tekanan darah. Jika awalnya Anda adalah peminum berat, sama sekali tidak meminum alkohol secara tiba-tiba justru dapat menaikkan tekanan darah Anda.
  • Hindari Produk Tembakau
    1 jam setelah Anda merokok, nikotin dapat menaikkan tekanan darah dari 10mm/Hg bahkan lebih. Nah, bayangkan jika satu hari penuh Anda merokok, maka tekanan darah Anda akan tetap tinggi.
  • Mengurangi Kafein
    Perdebatan tentang efek kafein pada tekanan darah masih terus dilanjutkan.Untuk mengetahui efek kafein terhadap tekanan darah Anda maka setelah 30 menit mengonsumsi kafein periksalah tekanan darah. Jika tekanan darah naik 10 mm/Hg maka Anda sensitif terhadap kafein. Terlepas dari ada tidaknya kesensitifan terhadap kafein, dokter menyarankan untuk mengonsumsi kafein hanya 2 gelas per hari.
  • Kurangi Stres
    Stres dan kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda terlalu stres, hiruplah udara dalam-dalam atau lakukan yoga untuk mengurangi stres Anda.
  • Monitor Tekanan Darah dan Buat Janji dengan Dokter
    Jika Anda memiliki darah tinggi, pengecekan sendiri mestinya dilakukan untuk memonitor tekanan darah Anda. Berkonsultasi dengan dokter pun wajib Anda lakukan untuk mengetahui apakah yang selama ini Anda jalani telah benar atau tidak.
  • Dapatkan Dukungan Teman dan Keluarga
    Teman dan keluarga bisa menjadi pendorong Anda untuk terus melakukan olahraga dan diet secara rutin atau mengantarkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter.
Sepuluh langkah di atas telah diformulasikan oleh Mayoclinic untuk mengontrol tekanan darah para pasiennya tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan dokter. Dengan melakukan 10 hal di atas, Anda bisa menurunkan darah tinggi sekaligus menurunkan resiko penyakit jantung.
Yakinlah bahwa gaya hidup yang sehat selalu menjadi solusi terbaik untuk berbagai masalah kesehatan. Segera lakukan 10 hal di atas secara rutin dan lihat seberapa besar hal ini bisa menurunkan darah tinggi Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama..

Sumber : deherba
Kontrol Tekanan Darah Tanpa ObatSocialTwist Tell-a-Friend

1 komentar:

  1. Menarik perkongsian ini. Terima kasih.
    Selamat perkenalan dari Malaysia :)


    Artikel terkini...Mengawal Tekanan Darah Tinggi Dengan Shaklee

    BalasHapus