25/05/12

Pastikan Arah Kiblat Yuk! (Ahad, 27 mei 2012)

|


Assalamu'alaikum..
Sobat Duraring, ada informasi penting nih, besok ahad 27 mei 2012 sekitar sore jam 16 lewat 18 menit merupakan salah satu momen yang bisa kita gunakan untuk menentukan arah Kiblat. Penting buat saya dan sobat Duraring yang muslim. Kiblat adalah arah yang digunakan oleh umat muslim sedunia dalam melaksanakan Sholat . Kenapa harus besok ahad?
 

Jawaban logisnya begini,  karena  pada momen tersebut matahari tepat  barada diatas Ka’bah Baitullah di makkah Saudi Arabia . . . Nah, kondisi alamiah ini tidak terjadi setiap hari, tercatat dua kali kejadian ini akan terjadi di tahun 2012 yakni Berdasarkan data falaqiyah Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI), PP Muhammadiyah dan PB Nadhlatul Ulama, yaumu rashdil-qiblah  yaitu Ahad 27 Mei 2012 pukul 16:18 WIB dan Senin 16 Juli 2012 pukul 16:27 WIB.


Berdasarkan Gambar (2) di atas maka dalam fenomena alam ini Saat Matahari di atas Ka’bah Semua Bayangan Matahari Mengarah ke Ka’bah Juga, inilah yang menjadi dasarnya.  . . . banyak memang metoda menentukan arah kiblat . .. namuan jika langit cerah  . . . cara ini cukup mudah dan murah untuk dipraktekkan, caranya :
  • Siapkan penunjuk waktu (Jam), kalibrasi dengan cara menyamakan waktu ke  website world time, www.time.is atau telp ke 103
  • Gunakan tiang tegak 90 derajat atau lebih yakin lagi pakai bandul sehingga benar-benar tegak lurus ke bumi
  • Pada jam yang dimaksud perhatikan bayangan yang dibentuk. Arah yang dibentuk bayangan Insha Allah adalah arah tepat ke Ka’bah atau arah kiblat
Bagaimana buat yang di Indonesia timur? atau adakah toleransi jika hari H mendung dimajukan atau dimundurkan sehari? ada yang mau bantu bahas? silakan... :)

Semoga bermanfaat..
Pastikan Arah Kiblat Yuk! (Ahad, 27 mei 2012)SocialTwist Tell-a-Friend

1 komentar:

  1. Thx infona sob..btw link-mu dah terpasang diblog rumah kaifa. salam silaturahim

    BalasHapus