EcoBALL

25/06/12

Ramadhan sebentar lagi

|
 
ramadhan sebentar lagi
Sobat duraring, sekarang Alhamdulillah, sudah bulan sya'ban  dan ramadhan telah dekat. Apa amalan-amalan yg biasa Rasul lakukan di bulan sya'ban? Dari Aisyah ra, “aku tak sekalipun melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali (pada) bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau (banyak berpuasa) dalam suatu bulan kecuali bulan sya’ban, beliau saw berpuasa pada kebanyakan hari di bulan sya’ban” (HR Bukhari Muslim) | dalam lafadz hadits lain "hampir sebulan penuh" 
Sya'ban adalah bulan yang kebanyakan orang melalaikannya yaitu antara rajab dan ramadhan, bulan yg di dalamnya diangkat amalan-amalan pada Allah Rabb seluruh alam. Maka aku ingin (ketika) amalanku diangkat, aku dalam keadaan berpuasa” (HR An-Nasai). Jadi jelas bahwa di bulan sya'ban, Rasulullah mencontohkan ummatnya untuk banyak-banyak berpuasa karena sya'ban adalah bulan penuh keutamaan. Adapun amalan di nishfu sya'ban (pertengahan sya'ban), maka ulama ramai bersepakat hadits-hadits tentangnya dhaif (lemah), bahkan palsu. Jadi pada nishfu sya'ban tidak perlu mengkhususkan shalat sekian rakaat, setiap rakaat membaca surat tertentu sebanyak sekian kali dll, hanya saja, bagi yang tidak terbiasa berpuasa - nishfu sya'ban menjadi batas dimana ia mesti berhenti berpuasa sunnah di bulan sya'ban.
Rasul bersabda, “jika tersisa separuh bulan sya’ban, janganlah berpuasa” (HR Tirmidzi)
Rasul juga bersabda, “jika tersisa separuh bulan sya’ban, maka tahanlah diri dari berpuasa hingga datang bulan ramadhan” (HR Ahmad)
Namun bagi yg terbiasa berpuasa (mis: senin-kamis), maka boleh baginya lanjutkan puasa setelah nishfu sya'ban (pertengahan sya'ban). Dalilnya, “janganlah mendahulukan ramadhan dengan sehari atau dua hari berpuasa” (HR Muslim) artinya puasa sblm itu dibolehkan. Jadi kl mau bayar qadha puasa sampe 1-2 hari menjelang Ramadhan, tentu masih diperbolehkan. Ramaikan sya'ban dgn berpuasa, bila shalat sunnah sempurnakan shalat wajib, semoga puasa sunnah kita sempurnakan puasa wajib esok :)
 
Ramadhan sebentar lagiSocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar