29/06/12

Singkong, Makanan Pokok Penuh Khasiat

|
khasiat singkong

Sobat duraring pasti kenal dengan tanaman rakyat yang satu ini, singkong. Orang sunda menyebutnya Sampeu. Singkong atau ubi kayu sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, bahkan di beberapa daerah ketela pohon ini juga sering dijadikan sebagai makanan pokok. Camilan atau makanan ringan dari singkong pun banyak ragamnya.

Di balik harganya yang murah, singkong memiliki bebagai macam khasiat untuk kesehatan.  Beberapa efek farmakologis dari tanaman umbi ini adalah sebagai anti oksidan, anti kanker, anti tumor, dan menambah nafsu makan. Disamping itu, singkong juga dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti yang dilansir dalam Beauty Health.com.
1. Reumatik
Untuk menyembuhkan penyakit ini, Anda dapat menggunakan sebagai pengobatan luar dan dalam. Pada pemakaian luar, gunakan lima lembar daun singkong ditambah 15 gram jahe merah dan kapur sirih secukupnya. Kemudian diaduk dan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Untuk pengobatan bagian dalam, Anda dapat menggunakan 100 gram batang singkong, satu batang serai, garam, 15 jahe. Semua bahan direbus dengan menggunakan 1000cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian disaring dan diminum airnya sebanyak 200cc. Lakukan cara ini dua hari sekali.
 
2. Demam

Saat demam, Anda dapat menggunakan batang singkong untuk menurunkan suhu panas badan. Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 cc air. Biarkan rebusan menyusut hingga 400 cc, saring dan minum. Untuk hasil maksimal, Anda harus meminumnya sebanyak dua kali sehari.
 
3. Luka

Jenis umbi-umbian ini dapat digunakan untuk mengobati luka yang sudah memasuki tahap infeksi (nanah). Tumbuk batang singkong yang masih segar, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau parut singkong dan tempatkan pada bagian yang luka kemudian perban. Untuk luka akibat benda panas, singkong dapat diparut lalu diperas. Diamkan sari pati mengendap beberapa saat kemudian pati ditempelkan pada luka.

4. Diare
Untuk mengobati diare atau gangguan perut, Anda dapat menggunakan bagian daun dingkong. Caranya, rebus tujuh lembar daun singkong,dengan 800 cc air, biarkan  hingga tersisa 400  cc, saring dan minum.

5. Cacingan

Jika cacing di perut tidak mempan, Anda dapat mencoba cara herbal satu ini. Rebus 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun cina ketepeng dengan 600 cc. Rebus hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.
 
6. Sakit kepala

Kepala senut-senutan selalu mengganggu aktivitas. Minum obat sakit kepala yang berlibihan juga tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya, Anda mencoba cara alami dengan menumbuk daun singkong hingga halus, kemudian daruh di kepala untuk mengompres. Dijamin rasa nyeri kepala langsung hilang.

7. Beri-beri

Bagi pecinta lalapan daun singkong pasti akan terbebas dari penyakit satu ini. Namun, juntuk penderita beri-beri, Anda wajib mengkonsumsi 200 gram daun singkong rebus seperti layaknya lalapan.
 
8. Meningkatkan stamina

Untuk meningkatkan stamina, campurkan 100 gram singkong, 25 gram kencur, 5 butir angco, dan air secukupnya. Untuk menghindari rasa getir dan pahit, Anda dapat menambahkan madu. Stamina terjaga kerja pun penuh semangat

Sumber : vivanews.com
Singkong, Makanan Pokok Penuh KhasiatSocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar