27/07/12

HARI INI PERINGATAN PERTAMA HARI SUNGAI

|


view sungai kapuas
Sobat duraring, tahukah bahwa tanggal 27 Juli 2011 Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2011 tentang Sungai. Di dalam penjelasan PP ini dikatakan, untuk kepentingan masa depan, kecenderungan tersebut perlu dikendalikan agar dapat dicapai keadaan yang harmonis dan berkelanjutan antara fungsi sungai dan kehidupan manusia. Yang menarik lagi, dalam batang tubuh PP tersebut adalah pada pasal 74 yang mengatakan “Dalam rangka memberikan motivasi kepada masyarakat agar peduli terhadap sungai, tanggal ditetapkannya Peraturan Pemerintah ini ditetapkan sebagai Hari Sungai Nasional.” Dan hari ini, 27 Juli 2012 ditetapkan sebagai Peringatan Hari Sungai yang pertama.Sungai menjadi perhatian besar pemerintah karena merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. Namun, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan sumber daya alam, pada saat ini sungai telah mengalami penurunan fungsi yang ditandai dengan adanya penyempitan, pendangkalan, dan pencemaran sungai. Sebagai gambaran, tekanan manusia terhadap hulu sungai Citarum Jawa Barat telah menimbulkan laju sedimentasi sebesar 10 juta meter kubik pertahun (Dishut Jabar, 2011). Gambaran lain di Waduk Jatiluhur juga sudah mengkhawatirkan, data Jasa Tirta II menunjukkan, jumlah air yang tersedia di bendungan itu hanya 2,98 milyar meter kubik. Sedangkan kebutuhan air mencapai 3,63 milyar meter kubik. Jadi, defisit air mencapai 0,65 milyar meter kubik.

Di Bandung peringatan pertama Hari Sungai Nasional ditandai dengan diskusi nasional dengan mengangkat tema “Memperkuat Budaya dan Ekosistem Sungai di Tatar Sunda”. Seminar yang diselenggarakan oleh Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) ini menghadirkan pembicara, Mubiar Purwasasmita (Ketua DPKLTS), Christian Purba (Anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional), Kepala Dinas Penngelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat serta sejumlah pakar. 
Sayangnya disini (Pontianak), kota air yang  terdapat sungai kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia, peringatan hari sungai ini ini sepertinya belum diperingati, atau saya yang gak tau ya? hehehe..
sumber :@ koran fesbuk
HARI INI PERINGATAN PERTAMA HARI SUNGAISocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar