23/07/12

Tips Shaum yang Sehat Selama Ramadhan

|


Sobat duraring yang sedang menjalankan shaum ramadhan, apakabar? kali ini saya ingin berbagi seputar tips ramadhan  yang mungkin berguna. Shaum adalah metode diet asli ciptaan Allah SWT, jika kita benar menjalankannya maka manfaatnya pasti luar biasa bagi kesehatan kita. Agar dapat sukses diet selama shaum, ada beberapa jurus yang harus dilancarkan.
  1. Niatkan shaum dengan sungguh-sungguh dan iklas hanya mengharap ridlo Allah SWT.
  2. Jangan pernah lewatkan dan segerakan makan berbuka, jangan pernah lewatkan makan sahur dan akhirkan waktunya. 
  3. Pegang prinsip ini dengan teguh, "berhenti makan sebelum kenyang". Jangan pernah sekali-kali makan sampai kekenyangan. Karena kita berhenti makan sebelum kenyang maka agar gizi kita tercukupi maka makanlah dengan cara porsi kecil tapi sering. Ketika tanda Buka tiba cukup dengan Kue ringan atau lebih baik 3 biji kurma dan minum ½ -1 gelas air hangat atau air kelapa, Habis Sholat Magrib makan utama 1 , Setelah Tarawih makan utama 2 dan Makan Sahur makan utama 3, Sebelum imsak makan kue ringan atau bisa juga Kurma.
  4. Cukupi kebutuhan air dengan minum air sedikit sedikit tapi sering agar perut tidak kembung / merasa penuh tapi kebutuhan cairan terpenuhi tiap jam minimal 1 gelas.
  5. Karena waktu makan terbatas maka pilih makanan yang memenuhi unsur zat gizi dengan tepat setiap makan pastikan ada sumber tenaga (karbohidrat, lemak) , sumber pembangun (protein) dan sumber pengatur (vitamin dan mineral).

(dikutip dari Gerakan Sadar Gizi, by Pramono)
Tips Shaum yang Sehat Selama RamadhanSocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar