13/03/12

Indonesia Akan Jadi Satu Zona Waktu?

|

Mmmh.. sekarang lagi marak dibicarakan tentang kemungkinan pemerintah merubah zona waktu menjadi satu zona saja. Hal ini katanya akan mengakibatkan keseluruhan wilayah Indonesia memiliki patokan ukuran waktu yang sama. Nantinya tak akan ada lagi patokan WIB, WITA dan WIT. Alasan yang mendasari rencana penetapan ini karena alasan ekonomis (bukan pengalihan issue kan?), diharapkan dengan penetapan ini ekonomi Indonesia katanya dapat mengalami peningkatan sebesar 20 persen dari PDB.

Ingat pelajaran Georafi dulu? Seperti diketahui GMT adalah standar waktu internasional, dengan greenwich di London sebagai titik 0, dan membagi belahan timur menjadi +1 sampai +12, dan belahan barat menjadi -1 sampai -12,  Dimana Indonesia membagi zona waktu dalam 3 GMT, yaitu GMT +9 untuk wilayah timur, GMT +8 untuk wilayah tengah dan GMT +7 untuk wilayah Barat.


Nah, katanya pemerintah akan menyatukan waktu Indonesia menjadi GMT +8 atau waktu Indonesia bagian tengah saat ini. Pasalnya penyatuan waktu ini akan mendorong daya saing Indonesia dalam politik-sosial, ekonomi dan ekologi nasional. Waw.. bener gak yah?

Jika rencana itu bener terjadi maka siap-siap aja bagi kita yang di indonesia bagian barat untuk mengalami perubahan waktu yang berdampak pada aktivitas kita sehari-hari. Pastinya, nanti kita bangun dan kerja/sekolah lebih siang, dan tidur lebih malam dari sebelumnya. Sedangkan untuk mereka yang di indonesia timur justru sebaliknya. Mmmh... sepertinya pemerintah harus mempertimbangkan faktor alamiah sebelum menyatukan zona waktu, karena terdapat perbedaan permulaan waktu yang signifikan antara barat dan timur. Misalnya, perbedaan waktu terbit dan tenggelam matahari yang berselisih hingga dua jam. Tapi, aah.. sepertinya kalo cuma beda selisih 1 jam dari kebiasaan kita sebelumnya, mungkin gak apa2 kali ya?? Lama-lama akan biasa juga.

Ternyata, perubahan zona waktu ini sebenarnya telah dilakukan beberapa negara. Indonesia sendiri telah melakukan perubahan sebanyak sembilan kali. Lima kali semasa penjajahan Belanda dan empat kali setelah kemerdekaan. Semua perubahan dikarenakan alasan ekonomis politis. Saat ini Rusia juga sedang melakukan perubahan zona waktu secara berlanjut dari awalnya 11 zona menjadi 9 zona dan saat ini sedang melakukan persiapan untuk perubahan menjadi 4 zona waktu.

Sepertinya Tujuan yang hendak dicapai memang baik adanya namun hal ini perlu disikapi dengan hati-hati untuk mengantisipasi pertentangan dari masyarakat. Adaptasi juga perlu dilakukan dengan seksama agar output di masa depan benar mengalami peningkatan bukannya terjadi penurunan..












Indonesia Akan Jadi Satu Zona Waktu?SocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar