18/06/12

Ngecat Rumah Yuk!

|
Huff.. Alhamdulillah akhirnya bisa nengok blog ini lagi. Apakabar sobat duraring? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Beberapa hari terakhir ini saya disibukkan dengan mengecat rumah! hehe.. ya karena pengen suasana rumah jadi berubah, akhirnya saya bertekad untuk mempercantik rumah dengan warna cat baru. Ternyata menjelang datangnya bulan ramadhan dan lebaran, harga cat di toko bangunan sudah merangkak naik, katanya sih sudah naik rata2 10-20%. Weww.. harusnya belanja catnya jauh-jauh hari yak..

Nah, karena di Pontianak ini 'Puanass' buanget ( baca : Pontinak, selayang Pandang) saya berpikir dan menimbang-nimbang cat apa yang bisa membuat adem rumah. Ternyata setelah cari-cari info sana sini, ada satu hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk membantu mendinginkan rumah  yaitu : warna cat tembok luar rumah! Kenapa warna cat bisa berpengaruh? begini ternyata penjelasannya :
Warna tembok yang gelap akan menyerap panas antara 70-90% dari seluruh radiasi sinar matahari yang mengena pada daerah tersebut. Sebagian dari panas ini akan masuk ke dalam rumah dengan cara konduksi di tembok yang akan mengakibatkan panas di dalam rumah. Hal ini akan menambah energi yang diperlukan untuk menyejukkan ruangan hingga 20%.
Warna yang terang akan memantulkan sebagian besar dari sinar dan panas menjauh dari rumah anda. Warna tersebut tidak harus berwarna putih saja, tetapi warna hijau atau pun biru  pilihlah yang berwarna muda dan terang.
Nah.. akhirnya setelah tau penjelasan itu, saya putuskan warna luar rumah kami berwarna hijau dan putih hehe.. (go green ceritanya..). Selain itu ada juga produk yang memang berfungsi untuk menahan panas, iklannya pun sudah sering nongol di TV. Nama produk nya H**T GUARD. Tapi karena budget terbatas saya tidak memakai itu :) cukup cat ijo dan putih aja. :D
Ada juga cara lain untuk 'mendinginkan' rumah, yaitu dengan tanaman menjalar yang juga dapat melindungi tembok dari panas dengan mem-blok sinar matahari serta memantulkannya terlebih dahulu. Pilih tanaman menjalar yang mudah dirawat.
Kontribusi sekecil apapun akan terus menghemat energi kita dan memperbaiki lingkungan.
Sekian dulu sobat duraring. Mau ngecat lagi ah.. belom beres.. ;)
Ngecat Rumah Yuk!SocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar