EcoBALL

21/06/12

Indonesia Negara Gagal?

|

indonesia negara gagal?

Peringkat Indonesia di Indeks Negara Gagal naik dari peringkat 64 ke 63. Hal itu berarti buruk karena semakin kecil peringkat negara di indeks tersebut berarti negara itu dalam perjalanan menjadi negara gagal.

Dalam Index Negara Gagal (Failed State Index (FSI) 2012 yang dipublikasikan di Washington DC, Amerika Serikat, Indonesia menduduki peringkat ke-63 dari 178 negara. Dalam kategori tersebut, Indonesia masuk kategori negara-negara yang dalam bahaya (in danger) menuju negara gagal.
Tahun lalu, Indonesia menempati peringkat ke-64 dari 177 negara. Artinya, kondisi di Indonesia sepanjang satu tahun terakhir dipandang memburuk dibandingkan periode sebelumnya. Peringkat satu di Indeks Negara Gagal masih ditempati oleh Somalia dan Republik Demokratis Kongo di posisi dua.

Ada tiga hal yang membuat posisi Indonesia memburuk.

Pertama adalah tekanan demografis. Tekanan demografis ini terjadi karena masalah degradasi lahan serta tergusurnya warga karena masalah lingkungan.

Kedua, ketidakpuasan kelompok. Ketidakpuasan kelompok terjadi karena di Indonesia bergulir banyak aksi demonstrasi serta kekerasan terhadap kelompok-kelompok minoritas.

Yang ketiga masalah tekanan sosial akibat melebarnya jurang antara yang kaya dan yang miskin.

http://www.republika.co.id/berita/na...3-negara-gagal


Indonesia Miliki Lima Ciri Negara Gagal

JAKARTA, KOMPAS.com — Tampaknya tinggal harapan untuk maju saja yang dimiliki Indonesia saat ini. Politisi Hanura, Akbar Faisal, mengatakan, mekanisme negara di tingkat eksekutif, legislatif, dan yudikatif kacau dan tidak melakukan tugasnya masing-masing. Akbar mengatakan, lima ciri negara gagal sudah melekat pada Indonesia.

"Ciri lima negara gagal ada pada kita.

Pertama, tak ada jaminan keamanan untuk semua warga negara. Misalnya, orang-orang yang seharusnya bisa beribadah di tempat yang sudah dijamin secara hukum ternyata tidak bisa," katanya dalam diskusi mingguan Polemik, Sabtu (16/7/2011).

Ciri keduanya adalah pemerintah gagal memenuhi kebutuhan rakyat.

Ketiga, korupsi justru dilakukan lembaga yang seharusnya melakukan pemberantasan terhadapnya.

Ciri keempat adalah terjadi bentrokan horizontal. Ironisnya, aparat membiarkan hal itu terjadi.

"Kelima, hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Ini sudah terjadi. Kita harus kembali pada substansi tugasnya untuk menjalankan konstitusi," katanya.

Budayawan Yudhistira Massardi mengatakan, semua elemen pejabat publik dan masyarakat memang tengah gagal dalam membangun Indonesia saat ini. Namun, lanjutnya, lebih ironis jika pemerintahlah yang sudah gagal terlebih dulu.

"Sekarang kan pemerintah bukan sebagai pemecah masalah, tetapi justru pemicu masalah. Coba apa yang dipecahkan pemerintah. Padahal, mereka sebagai panglima yang memimpin pemecahan," ungkapnya.

Sebagai eksekutor, lanjut Yudhistira, Presiden dinilai tidak tegas terhadap para menterinya yang terbukti memang tidak kompeten dalam mengerjakan tugasnya dan melakukan instruksi Presiden.

http://nasional.kompas.com/read/2011...i.Negara.Gagal

"Indonesia Seperti Kapal Titanic"

JAKARTA - Kordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Addhie Massardi mengatakan bahwa saat ini Indonesia seperti kapal Titanic. Bahkan masyarakat Indonesia yang belum paham dengan keadaan Indonesia saat ini yang tengah dalam bahaya.

“Saya terbayang film Titanic menjelang kandas itu, dikapal penumpang happy-happy saja. Tidak melihat situasi Indonesia ada masalah besar didepan mata, tau-tau nanti nabrak gunung es,” kata Addhie saat berbincang dengan Okezone, Rabu (20/6/2012).
Saat ini, lanjut Adhi, presiden hanya sibuk memikirkan internal partainya sendiri yang tengah dihantam isu korupsi.

“Kelihatannya kepala negara tidak mengurus pemerintahan dengan benar, tapi hanya internal. Dari situ mulai kelihatan pemerintahan amburadul. Kebijakan juga beberapa diantaranya terbukti tidak taat aturan. lihat saja saat di uji di MK (Mahkamah Konstitusi) kalah terus,” tegasnya.

Masyarakat seharusnya sadar kita ada di kapal besar yang menmpuh jalur berbahaya, sambung Addhie, sebelum menabrak, harus dibenahi.

“Kita tak ingin Indonesia seperti pemandangan Titanic yang karam,” tukasnya.

Sebelumnya DPR mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara lugas dan terbuka menyikapi posisi Indonesia yang kembali memburuk dalam Daftar Indeks Negara Gagal 2012. Indonesia masuk kategori negara-negara yang dalam bahaya (in danger) menuju negara gagal.

Menurut dia, sikap yang terlalu bersemangat membela diri dan apologis bukan hanya akan menimbulkan sinisme publik, bahkan akan melahirkan apatisme dan kecaman-kecaman keras yang justru akan kontraproduktif.

"Pemerintah perlu bersikap apa adanya sehingga rakyat akan memberikan dukungan dan partisipasinya untuk bersama-sama memperbaiki keadaan. Dukungan dan partisipasi publik ini penting sekali mengingat tiga indikator untuk menyusun FSI (Failed States Index) 2012 itu sangat terkait dengan perilaku sosial budaya masyarakat, yaitu tekanan demografis, protes kelompok-kelompok minoritas di masyarakat, dan penegakan hak asasi manusia," kata Wakil Ketua MPR Hadjriyanto Y Thohari kepada Okezone melalui pesan singkatnya, Rabu 20 Juni kemarin.

Berdasarkan penelusuran Okezone, negara gagal memiliki beberapa atribut. Indikator umumnya adalah negara yang pemerintah pusatnya dinilai sangat lemah atau tidak efektif mengontrol negaranya, buruknya layanan publik, tingkat korupsi dan kriminalitas, jumlah populasi, dan penurunan pertumbuhan ekonomi yang tajam.

Tahun 2011, Indonesia menduduki posisi 64. Peringkat Indonesia turun menjadi posisi 63 di antara 177 negara di dunia.


Sumber : http://music.okezone.com/read/2012/06/20/337/650785/indonesia-seperti-kapal-titanic


List of countries by Failed States Index 2011


Alert
1. Somalia
2. Chad
3. Sudan
....
23. East Timor
....
35. Iran
....

Warning
36. Togo
....
38. Cambodia
.....
64. Indonesia
...
79. Thailand
...
112. Malaysia
....

Moderate
125. Antigua and Barbuda
....
157. Singapore
158. USA
.....

Sustainable
166. Netherlands
167. Australia
...
177. Finland --> Jawara


Indonesia Negara Gagal?SocialTwist Tell-a-Friend

0 komentar:

Posting Komentar